ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH DESA | SCHOLAE

Hasil Survei Etos Institute Capres 2024, Bamsoet Tetap Teratas

Kamis , 17 Desember 2020 | 16:30
Hasil Survei Etos Institute Capres 2024, Bamsoet Tetap Teratas
Hasil survei Etos Institute Capres 2024 sebut Bamsoet tetap teratas. (Foto: Dok. Etos Institute)

JAKARTA, ARAHPOLITIK.COM - ETOS Indonesia Institute merilis hasil survei periode November-Desember 2020 pada Rabu (16/12/2020) di Bali. Hasil survei Calon Presiden 2024 mencatat perolehan suara yang diluar dugaan dimana memunculkan nama Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) sebesar 31%, menyusul Anies Baswedan 24%, Prabowo Subianto 22%, AHY 14% dan lain-lain 9%.

Bamsoet menurut Direktur ETOS Indonesia Institute Iskandarsyah sangat kuat di masyarakat dimana proses yang dijalani Bamsoet hanya dalam waktu yang singkat, masyarakat/publik kenal betul sosok beliau."Dimulai dari anggota DPR RI Komisi III, kemudian muncul sebagai ketua DPR RI dan sekarang menjabat sebagai ketua MPR RI bukanlah hadiah yang tiba-tiba jatuh dari langit, proses beliau adalah kristalisasi keringat,"ungkapnya.

Menurut survei tersebut bahwa memang masyarakat butuh pemimpin yang sejuk dan tidak provokatif, bisa diterima dikalangan apapun, dan pastinya figur ini yang ditunggu masyarakat/ publik yang hari ini selalu disuguhkan isu-isu dan ucapan yang saya bilang sangat provokatif, sehingga masyarakat pun menjadi gaduh, jenuh dan timbullah tindakan-tindakan masyarakat yang provokatif. "Mas Bamsoet jawaban akan keresahan masyarakat/publik hari ini. Calon pemimpin yang mereka anggap bisa memberikan kesejukkan, bukan kegaduhan,"tandasnya Iskandaryah.

Ketika ditanya pada survei yang dilakukan lembaga-lembaga survei lain, Mas Ganjar Pranowo masuk dalam bursa calon Presiden, kenapa dalam survei ETOS Indonesia Institute tidak ada, Iskandar menjawab, bukan tidak ada, dalam questioner yang kita sampaikan ada juga nama beliau (Ganjar Pranowo), tapi kalau presentasenya kecil buat apa ditampilkan.

"Kita tampilkan sesuai presentase yang ada, tidak dibuat-buat. Jawaban masyarakat/publik sudah terjawab kok semuanya di sini,"tegasnya.

Iskandarsyah juga mengayakan hasil survei tetap dipublish meski Bamsoet belum ketahui, namun menurut dia tetap dipublikasikan.

"Segala kemungkinan pasti ada, semua khan terus bergerak. Saya juga akan tetap buat survei ini per tiga bulan (triwulanan), supaya saya juga bisa pantau kemungkinan-kemungkinan pergerakkan ini dan apa maunya masyarakat,"jelas Iskandarsyah menjawab pertanyaan media terkait kemungkinan Mas Bamsoet berpasangan dengan Anies Baswedan di Pilpres 2024 nanti.

ETOS Indonesia Institute membuat survei dengan respon 1000 responden di 5 (lima) kota besar di Indonesia, Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dan Makasar, dengan margin of eror 3% tingkat kepercayaan 90%, periode survey 20 November 2020 hingga 10 Desember 2020.


Editor : Farida
KOMENTAR