ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | SCHOLAE

Ini Jejak Karier Dirut Baru Pertamina, Nicke Widyawati

Rabu , 29 Agustus 2018 | 21:16
Ini Jejak Karier Dirut Baru Pertamina, Nicke Widyawati
Dirut Baru Pertamina Nicke Widyawati

Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati menyatakan akan mewujudkan kemandirian energi nasional. Nicke baru saja ditunjuk menjadi Dirut Pertamina yang baru yang disebut-sebut menyingkirkan 500 kandidat.

"Jadi bagaimana Pertamina kemudian mendukung ke arah kemandirian energi nasional itu tantangannya satu yang kalau dijabarkan akan banyak ke hulunya bagaimana, ke kilang bagaimana, dan ke hilirnya bagaimana," ucap Nicke di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (29/8).

Untuk itu, Nicke berencana meningkatkan investasi guna meningkatkan produksi di hulu. Selain itu, peningkatan investasi juga bakal dilakukan di kilang- kilang Pertamina guna meningkatkan kualitas dan kopetitas di hilir.

Di sisi lain, Nicke juga memastikan bakal menjalankan amanat dari pemerintah untuk mengurangi impor. Hal itu menjadi salah satu tugas yang hendak Nicke selesaikan dalam masa awal kepemimpinannya di Pertamina.

Rencana ketiga yang bakal dilakukan Nicke adalah mengimplementasikan penggunakan bahan bakar biodiesel (B20) yang mulai dilakukan per 1 September 2018 mendatang. "Tiga hal itu menjadi short plan (rencana jangka pendek) yang dimulai tahun ini," tutup Nicke.

Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno menjelaskan, bahwa pertimbangan memilih Nicke sebagai Dirut Pertamina adalah langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Untuk menjadi Dirut BUMN itu ada beberapa hal yang harus dipenuhi, pertama lolos independent audit atau assessment dari assessor. Jadi sehebat apapun dia, itu tidak menjadi dasar. Ada batasan dan angka-angka yang harus dipenuhi," jelas Fajar seperti dikutip Kompas.com.

Setelah lolos itu, lanjut Fajar, baru dilihat rekam jejak atau track record dari kandidat dirut. Terakhir, evaluasi kinerja calon dirut pada posisi yang diemban sebelumnya.Fajar menambahkan, para calon dirut BUMN termasuk Pertamina tidak mengajukan diri atas nama pribadi. Namun, calon tersebut diambil berdasarkan talent pool yang dibentuk oleh Kementerian BUMN.

"Ini bukan mencalonkan diri tapi dari Kementerian BUMN itu punya talent pool. Jadi untuk seluruhnya kita sekarang sudah punya 50 per perusahaan, jadi sekitar 500-an orang. Kemudian dipilih berdasarkan itu," tandas dia.

Namun, di samping itu Nicke telah memenuhi persyaratan untuk menjadi dirut sebuah BUMN.

 Dari biodatanya, jejak karernya Nicke memang tak main-main. Wanita berusia 51 tahun itu dinilai sangat memahami dunia usaha termasuk mengelola BUMN.

JEJAK KARIER NICKE WIDYAWATI
* Tasikmalaya, 25 Desember 1967
* Kuliah di ITB sambil bekerja di Bank Duta usia 21 tahun
* Lulus sarjana Tehnik Industri ITB usia 24 tahun
* Bekerja bidang kontruksi di PT Rekayasa Industri (Rekin)
* Pindah ke PT Mega Eltra, perusahaan BUMN hingga menjadi Dirut
* 2014 ditarik jadi Direktur Pengadaan Strategis 1 PT PLN
* 2017 Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PT Pertamina
* April 2018 PLT Direktur Utama Pertamina
* Agustus 2018 Resmi Dirut Pertamina

 Sumber foto: @pertamina

 

KOMENTAR