ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH DESA | SCHOLAE

Ini 5 Alasan Calon Pemilih Memilih Parpol Tertentu

Rabu , 13 Maret 2019 | 12:16
Ini 5 Alasan Calon Pemilih Memilih Parpol Tertentu
Nomor urut Partai Politik di Pemilu 2019. (Net)

JAKARTA, ARAHPOLITIK.COM - Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago membeberkan lima (5) hal dasar alasan calon pemilih akan menjatukan pilihannya di ruang pencoblosan tempat pemilihan suara (TPS) di Pemilu 17 April 2019 mendatang.

Beragam dasar pertimbangan masyarakat untuk menjatuhkan pilihannya kepada partai politik peserta pemilu 2019. Pertama, partai yang kebijakannya memihak pada rakyat kecil sebesar 20,5%. Kedua, memilih karena figur dan suka pada tokoh partai tersebut sebesar 15,8%.

"Ketiga, partai politik yang membela agama dan memihak pada kemajemukan. Kelompok ini menempatkan posisi angka 13,5%. Keempat, partai yang punya jalan keluar atas masalah warga sebesar 12,9%. Kelima, ikut pilihan orang lain sebesar 6,3%," papar Pangi.

Dijelaskan Pangi, Voxpol Center mengadakan survei pada tanggal 24 Februari 2019- 6 Maret 2019. Survei tersebut dilakukan melalui pemilihan responden secara acak atau multistage random sampling.

Adapun, tingkat kesalahan alias margin of error lebih kurang sebesar 2,98% dengan melibatkan 1.220 responden di seluruh provinsi di Indonesia. Responden berusia 17 tahun ke atas dengan tingkat kepercayaan survei 95%.

"Jadi, setiap responden terpilih diwawancarai dengan metode wawancara tatap muka (face to face) oleh pewawancara yang terlatih secara khusus. Quality control (QC) dilakukan dengan mendatangi kembali 20% sampel responden yang ada kemudian terpilih secara acak (spot check). Namun, dalam quality control tidak ditemukan kesalahan secara berarti,"ungkap Pangi.

Laporan: D. Lewuk


Editor : Farida
KOMENTAR