ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH DESA | SCHOLAE

Jelang Putusan Bawaslu atas OSO, Pegiat Demokrasi Kawal Putusan

Selasa , 08 Januari 2019 | 11:04
Jelang Putusan Bawaslu atas OSO, Pegiat Demokrasi Kawal Putusan
Kasus pencalonan DPD dari Partai Politik yang dilakukan oleh Oesman Sapta Odang, salah satu calon DPD RI 2019-2024. (MSN)

JAKARTA, ARAHPOLITIK.COM - Pemilihan umum tinggal menghitung hari dimana jadwal penyelenggaraannya pada Rabu (17/4/2019) mendatang. Namun, hingga kini Lembaga penyelenggara pemilu dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih tersandera dengan sejumlah kasus, termasuk kasus pencalonan DPD dari Partai Politik yang dilakukan oleh Oesman Sapta Odang, salah satu calon DPD RI 2019-2024 atas putusan MK yang harus dijalankan oleh KPU RI.

Polemik pencalonan pengurus partai politik salah satu masalah yang membuat KPU dan Bawaslu terkuras akan wqaktu, tenaga dan pikirannya untuk mengambil putusan yangh seadil-adilnya sehingga kedua pihak kembali menjalankan aktivitasnya seperti biasa.

Polemik Oesman Sapta Odang (OSO) dan KPU sebagai penyelenggara Pemilu pun belum berakhir. OSO yang sudah diberikan kesempatan untuk mundur sebagai pengurus partai politik agar dapat ditetapkan menjadi calon anggota DPD hingga masa validasi surat suara DPD tetap memilih tidak mundur sebagai pengurus partai politik.

KPU pun telah memutuskan tidak memasukkan nama OSO ke dalam Daftar Calon Tetap DPD untuk Pemilu 2019 dari daerah pemilihan Kalimantan Barat. Setelah KPU memutuskan untuk tidak memasukkan namanya ke dalam DCT, OSO mengajukan gugatan ke Bawaslu atas keputusan KPU yang tetap tidak memasukkan OSO ke dalam DCT DPD Pemilu 2019.

Persidangan di Bawaslu sudah hampir selesai, dan dijadwalkan putusan terhadap sengketa yang diajukan oleh OSO ini akan dibacakan oleh Bawaslu pada Rabu, 9 Januari 2019.

Oleh sebab itu, menjelang Bawaslu memutuskan putusan sengketa pencalonan DPD tersebut, Bawaslu akan melakukan Pernyataan Sikap dan memastikan Konstitusionalitas Pencalonan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI pada pemilu legislatif 2019 mendatang dalam Konferensi persnya hari ini, Selasa (8/1/2018) bertempat di Media Center Bawaslu RI, Jalan Thamrin No. 14 Jakarta Pusat, pukul 11.00 - 12.00 WIB.

Acara ini akan dihadiri oleh para penggiat demokrasi yang tergabung dalam lembaga Koalisi Masyarakat Selamatkan Pemilu, yakni ICW, Kode Inisiatif, Kopel, Netgrit, Perludem, PUSaKO UNAND, PSHK, Rumah Kebangsaan, Save DPD Save Democracy, dan Wahidah Suaib (Pegiat Pemilu).

Laporan: Rafael


Editor : Farida
KOMENTAR